6 LANGKAH CARA MERUBAH PCB ELEKTRIK KULKAS | TIMER DEFROST

Apa bisa kulkas dengan modul elektrik PCB di rubah memakai defrost timer ?

Modul Kulkas PCB Elektrik ke defrost timer
Hal ini sering dipertanyakan pada banyak orang yang ingin merubah kelistrikan kulkas dengan modul PCB elektrik ke model menggunakan TIMER DEFROST KULKAS 2 PINTU ( NO FROST ) sebagai pengatur waktu proses pencairan bunga es.

Merubah sistem kelistrikan pada kulkas nofrost elektronik sistem ke sistem timer karena sulitnya mendapatkan modul pcb elektrik atau karena biaya merubah timer defrost lebih murah, menganti modul pcb elektrik ke timer defrost menjadi solusinya.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk merubah kulkas modul PCB elektrik ke kulkas defrost timer ?

Untuk merubah kelistrikan kulkas modul PCB elektrik ke manual defrost timer, bahan yang perlu di persiapkan adalah :
1. DEFROST TIMER

Timer defrost

2. DEFROST THERMO / BIMETAL

Thermo defrost ( bimetal )

3. THERMOSTAT FREEZER / CHILLER

Thermostat ( pengatur suhu )
Gunakan thermostat freezer, untuk penempatan didalam ruang freezer atau gunakan thermostat chiller untuk penempatan diruang pintu bawah ( chiller ) atau bisa juga menggunakan thermostat yang masih bagus dan lakukan setting thermostat untuk menempatkan disemua ruangan, caranya bisa lihat postingan
Untuk heater dan thermo fuse bisa menggunakan bawaan kulkas tersebut, asalkan menggunakan arus listrik 220 volt.

Langkah penggantian modul PCB kulkas ke motor defrost timer
Dalam kesempatan ini saya akan merubah modul PCB elektrik kulkas ke defros timer 1-3, jadi gunakan defrost timer 1-3 untuk merubahnya.

Timer defrost 1-3 adalah arus listrik motor timer defros terletak di pin nomer 1 dan 3, jika Anda salah menggunakan timer 1-4 letak pin arus listrik motor timer ada di pin 1 dan 4

Langkah pertama
Lepaskan kabel dari modul PCB Elektrik yang menuju ke overload compressor, pasang ke pin 4 pada defrost timer.

Langkah kedua
Lepaskan kabel dari modul PCB yang menuju ke heater, lalu pasang ke pin 1 defrost timer.

Langkah ketiga
Buka cassing penutup evaporator dan cari kabel heater yang menuju pin 1 defrost timer, lalu potong dan gabungkan ketiga kabel dengan defrost thermo / bimetal.


Langkah keempat
Kabel defrost thermo / bimetal satunya pasang ke pin 2, untuk kabel thermo fuse satunya sambung ke line listrik yang menuju PTC Relay motor compressor.

Langkah ke lima
Untuk motor blower kipas biarkan kabel yang menuju ke switch pintu, potong kabel yang satunya dan gabungkan kabel overload ke pin 4.

Langkah ke enam
Memasang thermostat dengan cara menempatkan ke pengaturan suhu bawaan, untuk kabel thermostat hubungkan potong sambung kabel yang menuju overload dan ke pin 4 sebagai saklar suhu. Memasang pengaturan suhu ( thermostat ) sangat penting karena sebagai pengatur suhu ruang dan untuk mengurangi kerja mesin compressor. Saya sering menemukan kasus mengganti modul PCB Elektrik ke timer defrost tanpa menggunakan thermostat dan terjadi penyumbatan bunga es di jalur udara pendinginan dalam waktu beberapa minggu dan hal ini juga dapat berbengaruh terhadap umur mesin compressor karena harus kerja sesuai timer bukan sesuai suhu.

Nah sekarang coba hidupkan kulkas tersebut, dan jreeeeeeng kulkas nyala dengan normal memakai defrost timer sebagai pengatur pencairan bunga es.

Mudahkan merubah modul PCB elektrik ke manual defrost timer,,,,.

Selamat mencoba, semoga sukses

Postingan terkait: