CARA PERBAIKI MESIN CUCI SAMSUNG TOP LOADING | SUPLAY AIR

KERUSAKAN AIR TIDAK DAPAT MASUK KE TABUNG

Selenoid water inlet


Apa fungsi selenoid water inlet ?
Selenoid water inlet berfungsi sebagai kran air automatis yang dikendalikan oleh listrik dari panel control mesin cuci.

Water inlet bekerja bila mendapat aliran listrik 220 volt dan membentuk medan magnet untuk menarik as katup penutup saluran air.

Salah satu dari sekian permasalahan pada mesin cuci, kebanyakan kerusakan terjadi pada water inlet akibat pemaksaan pemakaian mesin cuci saat pasokan tekanan air kurang kencang yang disebabkan oleh saringan filter air jarang dibersihkan atau tekanan sumber air lemah ( tandon air tidak tinggi ), akibatnya selenoid water inlet bekerja lebih lama dan kumparan magnet selenoid panas, rusak atau terbakar.

Untuk mengatasi kerusakan pada selenoid water inlet harus dilakukan pergantian dengan yang baru.

Dari pengalaman yang saya alami setelah penggantian selenoid water inlet ternyata masih belum bisa bekerja untuk pasokan air, padahal saya tes menggunakan listrik 220 volt secara langsung, selenoid water inlet dapat bekerja membuka katub. Setelah saya cek pada bagian pasokan listrik water inlet ternyata arus listrik tidak keluar pada saat mesin cuci di operasikan.

Dengan menggunakan pisau yang telah dipanaskan, saya coba untuk membuka bagian belakang panel modul mesin cuci samsung top loading.


Setelah saya telusuri jalur kelistrikan selenoid water inlet pada modul ternyata menuju sebuah IC TRIAC ACS1086S yang telah pecah, setelah saya coba menggantinya dan menutup kembali modul yang saya buka bagian penutup dan saya pasang semua kabel dan saya coba untuk mengoperasikan .....wah ternyata air sudah dapat mengalir masuk ketabung mesin cuci 😃😃😃

Demikian pengalaman kami dalam memperbaiki kerusakan pada mesin cuci samsung top loading bagian water inlet, semoga bisa menambah wawasan anda mengenai permasalahan khususnya mesin cuci.

POSTINGAN LAIN :
CARA MENGATASI MESIN CUCI TOMBOL START TAK BERFUNGSI | RUSAK
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PEMBUANGAN AIR PADA MESIN CUCI ( DRAIN ERROR )

Postingan terkait: