CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA KULKAS 2 PINTU

CARA CEPAT PERBAIKI KULKAS DUA PINTU

Langkah pertama dalam memperbaiki kulkas 2 pintu
Dalam memperbaiki kerusakan kulkas dua pintu, sobat harus tahu keluhan apa yang terjadi pada kulkas tersebut

Tidak dingin....?
Kurang dingin.....?
Apa karena tidak bisa beku.....?
Atau karena kulkas bagian bawah ( Chiller ) tidak dingin sedangkan bagian atas ( freezer ) normal

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas rahasia cara memperbaiki kerusakan pada kulkas 2 pintu secara cepat dan jelas.

Untuk type Modul PCB, lihat disini....
CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA THERMISTOR KULKAS
loh kalau rahasia kenapa di beritahu ya....? Heheheee....

Tapi sobat pasti pingin juga tahu rahasia itu kan.....

CARA PERBAIKI KULKAS 2 PINTU TIDAK DINGIN SAMA SEKALI

1. Cek kabel kulkas sebelum eksekusi kerusakan, apakah kabel dalam keadaan baik yaitu tidak lepas atau tidak putus.

2. Cek arus listrik dari stop kontak, apakah listrik baik-baik saja, cek voltase listrik apa tidak terjadi drop atau barang kali lupa belum beli pulsa listrik, heheheeee...

Bila ternyata karena kerusakan ada pada listrik sobat, coba dibenerin dulu sebelum melakukan langkah selanjutnya.

3. Hidupkan kulkas lalu cek pada Compresor kulkas, apakah compresor bekerja atau tidak. Bila compresor tidak bekerja silahkan cari letak timer kulkas putar sedikit pada timer kulkas lawan arah jarum jam

Letak timer kulkas kebanyakan berada di belakang kulkas sebelah kiri

Letak timer di belakang kulkas ( sebelah kiri )
Ada sebagian merek yang meletakkan timer defrost di ruang pintu bawah

Letak timer kulkas di ruang pintu bawah

Bla timer setelah di putar sedikit lalu compresor hidup, kemungkinan kerusakan ada di THERMO FUSE atau DEFROST HEATER KULKAS
Tapi bila tetap tidak mau hidup padahal overload maupun PTC Relay dalam keadaan baik dan compressor panas dan macet bisa mencoba memperbaikinya dengan cara seperti pada postingan blog lainya, yaitu :
8 LANGKAH PERBAIKI COMPRESSOR MACET / PANAS
4. Cek fuse dan heater dengan membuka Cover penutup blower kipas dan evaporator yang terletak di dalam pintu kulkas sebelah atas.
Bila anda mengecek dengan multimeter ada tinggal cek satu persatu THERMO FUSE dan DEFROST HEATER.

Contoh thermo fuse
Bagaimana cara cek Thermo fuse dan Defrost heater tanpa menggunakan alat multimeter....?

Itu hal yang cukup mudah, sobat tinggal menggabungkan kedua kabel THERMO DEFROST / BIMETAL lalu putar timer menuju ke proses defros ( pencairan bunga es ) bila fuse dan heater dalam keadaan baik, maka heater akan panas, tapi bila heater tidak panas kemungkinan rusak. Ganti fuse dan heater baru.

Cek kerusakan heater kulkas, sobat juga bisa dengan cara memberi langsung tegangan 220 volt, tapi sebelumnya cek dulu dari segi fisik aoakah dalam keadaan untuh atau sudah pecah.

Contoh heater pipa dan kaca
Sampai sini sobat pasti sudah tahu, penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa dingin. 
Bila HEATER dan FUSE dalam keadaan baik, kemungkinan kerusakan disebabkan karena kebocoran gas freon atau kebuntuan di filter / pipa kapiler, untuk mengetahui cara perbaiki kulkas buntu atau bocor silahkan sobat kunjungi postingan
CARA PERBAIKI KULKAS FREEZER SHOWCASE GAS FREON BUNTU
Cara memperbaiki kebocoran gas freon kulkas 1 satu pintu namun bisa juga untuk kulkas 2 pintu
CARA MEMPERBAIKI KEBOCORAN GAS FREON ( REFRIGRANT ) KULKAS FREEZER

CARA PERBAIKI KULKAS 2 PINTU KURANG DINGIN TIDAK SAMPAI BEKU

Perbaiki kulkas 2 pintu yang kurang dingin ada banyak penyebabnya
Sebab pertama adalah oli dari mesin compresor naik ke dalam evaporator
Penyebab kedua karena tekanan compresi  pada compresor sudah berkurang
penyebab ketiga karena karet pintu sudah tidak rapat
Dan yang keempat karena terjadi kebuntuan saluran air buang pada proses pencairan bunga es

Untuk memastikan penyebab kerusakan kulkas 2 pintu yang kurang dingin, saya akan bahas mengenai cara mencari kerusakan pada kulkas 2 pintu.

Silahkan sobat simak baik-baik, bila kurang jelas sobat pembaca ataupun yang mencari solusi kerusakan pada kulkas 2 pintu bisa bertanya pada kolom komentar dibawah postingan ini.

CARA MENCARI KERUSAKAN PADA KULKAS 2 PINTU YANG KURANG DINGIN DENGAN CEPAT

Memperbaiki kerusakan pada kulkas 2 pintu harus jeli dalam menebak setiap kerusakan, karena bisa jadi kerusakan yang sama tapi komponen yang rusak bisa berbeda-beda. Alhasil bila tebakan salah bisa menyebabkan kita bisa membeli komponen yang salah dan akhirnya biaya service bertambah.


Untuk pertama kali pengecekan, kita harus tahu apasih keluhannya.....
Untuk pengecekan kulkas 2 pintu yang kurang dingin / dingin tapi tidak bisa untuk buat es, maka yang harus anda cek adalah evaporatornya terlebih dahulu, bila bunga es tidak merata maka bisa jadi kerusakan pada sistem refrigrant, baik bocor halus, oli naik ke evaporator, penyempitan pipa jalur refrigrant (buntu) atau karena tekanan kompresi pada compresor sudah berkurang.

Bila kerusakan ini disebabkan karena bertumpuknya bunga es pada evaporator, maka bisa dipastikan kerusakan pada sistem defrost atau sistem pencairan bunga es.

Contoh penumpukan bunga es di evaporator
"Kulkas 2 pintu kurang dingin akibat penumpukan bunga es pada evaporator dikarenakan sistem defros bermasalah."

Untuk memperbaiki kerusakan kulkas 2 pintu kurang dingin karena penumpukan bunga es, adalah sebagai berikut.

1. BUKA PENUTUP EVAPORATOR
Membuka penutup evaporator pada kulkas 2 pintu yang terjadi karena penumpukan bunga es agak merepotkan, untuk itu sobat harus mencairkan bunga es terlebih dahulu dengan memakai hair dryer, bila tidak ada hair dryer maka bisa sobat untuk menguyur dengan air hangat atau ditunggu sampai mencair sambil minum kopi dan gorengan hehehee.

2. MENGGABUNGKAN KEDUA KABEL PADA BIMETAL / DEFROS THERMO
Maksud dari menggabungkan kedua kabel bimetal / defros thermo adalah untuk mengetahui apakah heater (pemanas) dan Fuse (pengaman suhu panas) berfungsi dengan baik atau tidak dan selanjutnya memutar timer ke setelan defros.

Thermo defrost / Bimetal kulkas
Tunggu sekitar  5 menit dan cek apakah heater panas atau tidak, bila panas berarti heater dan fuse dalam keadaan baik. Untuk model heater pipa yang berada berdampingan dengan pipa evaporator, lama panas membutuhkan waktu lebih lama, paling cepat hingga 15 menit.

3. CEK PADA TIMER KULKAS
Pengecekan pada timer kulkas untuk kerusakan kulkas yang kurang dingin sangat penting, karena fungsi timer adalah mengatur waktu untuk proses pendinginan atau proses defros (pencairan bunga es). Untuk proses pencairan bunga es bekerja setiap 7 jam sekali.
Bila ada kerusakan timer kulkas saat pendinginan, maka proses pencairan bunga es tidak bisa dilakukan, sedangkan bila kerusakan timer kulkas pada waktu proses pencairan bunga es, maka kulkas tidak bisa melakukan proses pendinginan karena arus listrik ke heater tidak bisa berpindah ke mesin compressor.

Cara pengecekan timer kulkas
Pengecekan timer kulkas dengan cepat bisa anda lakukan dengan cara :

  1. Memegang motor timer kulkas, bila ada getaran motor kemungkinan motor timer masih baik
  2. Melihat putaran roda gigi untuk perpindahan waktu defros dan waktu pendinginan, apakah berputar atau tidak dengan cara melihat di pinggir timer ada plastik transparan yang berfungsi untuk melihat roda gigi. Bila roda gigi tidak berputar maka roda gigi timer rusak.
  3. Untuk model timer tanpa kaca transparan, Sobat harus merasakan ada getaran atau tidak, bila ada tunggu sekitar 30 menit - 45 menit, timer yang bagus akan berpindah ke proses pendinginan, yaitu mesin compressor kembali bekerja beserta motor kipas blower
Kaca kotak transparan untuk melihat putaran roda gigi
Untuk memastikan rusak atau tidaknya sebuah timer kulkas, Sobat harus sabar saat mode pencairan menunggu sampai proses pendinginan "compresor dan kipas blower keadaan hidup," 

Bila timer defrost sudah dipastikan berpindah sendirinya ke proses pendinginan "mesin compresor dan motor blower kipas hidup," maka timer kulkas dinyatakan baik.

4. CEK BIMETAL / DEFROS THERMO
Untuk mengetahui kerusakan pada bimetal / defrost thermo harus menggunakan multimeter, karena pada saat suhu normal defrost thermo, kedua kabel bila diukur akan memutus dan bila suhu dingin akan terhubung. Untuk mengetahui rusak atau tidak nya bimetal / defrost thermo harus didinginkan pada suhu dibawah 13° Celcius. Entah itu menggunakan es direndam dalam wadah atau dimasukkan dalam freezer yang dingin beku.

gimana cara cek thermo defrost / bimetal klu kulkas tidak dingin ?

Untuk itu bila sobat ingin mengetahui kerusakan pada kulkas 2 pintu, defrost thermo di cek setelah semua dinyatakan baik. Cek thermo dwfros atau bimetal juga bisa dilihat dari fisiknya, bila didalam plastik tebal terdapat air, maka sebaiknya ganti yang baru. Namun terkadang evaporator terjadi penumpukan bunga es penuh akibat terjadi kebuntuan jalur pembuangan air ke penampungan, karena jalur pipa air pembuangan buntu mengakibatkan tergenangnya defrost heater kulkas dan tidak bisa berfungsi maksimal.

Demikian cara memperbaiki kerusakan kulkas 2 pintu kurang dingin, semoga postingan ini dapat membantu anda dalam memperbaiki masalah kulkas 2 pintu.

Postingan terkait: