KULKAS 2 DUA PINTU KURANG DINGIN | BELUM TENTU RUSAK

CEK & RICEK NGAK ADA YANG RUSAK, KULKAS DUA PINTU TIDAK DINGIN EVAP NGEMBLOK ES


Mas kenapa ya, pada kulkas 2 dua pintu yang saya perbaiki dan saya cek pada sistem pencairan bunga es seperti Timer defrost, heater, themal fuse, thermo defrost / bimetal tidak ada yang rusak tapi selalu muncul bunga es sampai ngemblok di seluruh evaporator.

Ini adalah pertanyaan yang sering saya terima dari kebanyakan pengunjung blog ini.

Dari pertanyaan yang sering saya terima, maka disini akan saya jelaskan hal yang mesti Anda ketahui hal yang menjadi penyebab terjadinya bunga es terlalu tebal ( ngemblok ).


Sebelum saya bahas masalah kulkas kurang dingin tidak bisa beku bagian freezer dan tidak dingin bagian ruang bawah, pada gambar diatas ditunjukkan bahwa fungsi dari lubang pada sisi dalam adalah lubang dimana sebagai jalur sirkulasi udara dari ruang evaporator ke ruang freezer.

Hal yang menjadi penyebab kulkas kurang dingin bisa jadi karena lubang sirkulasi udara tertutup.

Menaruh barang yang akan didinginkan bila terlalu banyak, bisa menyebabkan tertutupnya jalur sirkulasi udara dari evaporator yang dihembuskan oleh motor kipas blower.

Gimana kalau barang tidak penuh, tidak menutup lubang sirkulasi tapi tetap tidak dingin?

Setelah di cek ternyata lubang sirkulasi tertutup bunga es.

Bila jalur sirkulasi tertutup bunga es, dipastikan sistem pendingin tidak terjadi kerusakan.

Kerusakan terjadi karena proses pencairan bunga es secara otomatis setiap 8 jam tidak terjadi.

Bila alat proses pencairan bunga es seperti timer defrost, heater, thermal fuse, bimetal / defrost tidak rusak, kenapa selalu muncul bunga es setelah dicairkan dengan cara dicabut listrik ke kulkas ?

Setelah dipastikan seluruh alat pencairan bunga es dalam keadaan baik, sebaiknya Anda cek bagian jalur air proses pencairan


Pada gambar diatas, bisa anda lihat bagian penampung air evap dan jalur pipa air menuju tempat penampungan air dibelakang.

Bila pada jalur air tertutup maka air akan memenuhi pipa sampai bak penampung di bagian bawah evaporator, hal ini menyebabkan heater terendam air.

Bila dalam posisi pendinginan berjalan, maka bak penampung air yang telah terpenuhi air dan merendam heater akan menjadi es.
Hal ini bila dibiarkan, maka pada saat proses pencairan bunga es, heater tidak akan panas dan tidak dapat mencairkan bunga es karena terendam air / es.

Jalur air yang buntu bisa menjadi masalah terjadinya kulkas 2 dua pintu tidak bisa dingin beku.

Postingan terkait: