3 CARA CEK COMPRESSOR PENDINGIN BARU | BEKAS

MENDETEKSI COMPRESSOR BARU ATAU BEKAS YANG LAYAK PAKAI


Gimanasih cara mengetahui compressor yang bagus | layak pakai ?

Compresor pendingin Ac, Kulkas, Freezer, Chiller, Showcase rusak dan ingin mengganti dengan compressor baru | Second, untuk mengantinya dengan membeli harus mengetahui compressor layak pakai, karena compressor baru belum tentu bagus.

Mengetahui compressor yang bagus sebelum dipasang harus dilakukan agar tidak rugi waktu, tenaga dan biaya, apalagi membeli compressor baru.

Jika Anda membeli compressor baru pastikan terlebih dahulu pengetesan langsung di toko sebelum dibawa ke rumah untuk dipasang dan di las.

Membeli compressor baru jika ternyata setelah dipasang tidak memuaskan akan rugi, karena tidak boleh dikembalikan " BARANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK BOLEH DIKEMBALIKAN ".

Untuk mengetahui baik / bagus sebuah compressor bisa Anda lakukan dengan pengetesan yang diperbolehkan oleh toko atau penjual compressor tersebut dengan cara sebagai berikut ;

PERTAMA
Mengukur nilai tahanan / resistensi terminal pin CRS Compressor dengan multitester skala ohm (Ω).
Ukur terminal pin CRS ( Common Running Starting ) dengan body compressor, bila terjadi kontak maka compressor tidak layak pakai / jelek dan jangan dibeli.

KEDUA
Cek tekanan compressor dengan tangan.

Hidupkan compressor lalu tutup pada bagian pipa tekan ( high press ) dengan buka tutup apakah tekanan tinggi atau tidak dan terakhir ditutup sambil cabut listrik ke compressor, jika dalam keadaan mati dan masih ada sisa compressi udara berarti compressor baik dan layak untuk dipakai.

KETIGA
Cek hisap compressor dengan tangan.

Hidupkan Compressor lalu buka tutup pada pipa hisap, apakah hisapan compressor kuat atau tidak, lalu tutup dan matikan compressor dengan mencabut dari aliran listrik, apakah tangan masih terhisap atau tidak, bila masih tetap terhisap berarti compressor bagus dan layak pakai.

Nah mudahkan cara cek compressor baru | bekas, semoga bermanfaat.

Postingan terkait: