CARA MUDAH MENGETAHUI PENYEBAB AC TIDAK DINGIN

LANGKAH MENGATASI GANGGUAN KERUSAKAN PADA AC RUMAHAN ( SPLIT )


Bagi seorang teknisi AC ( Air Conditioner ) yang sudah berpengalaman, mungkin di bilang mudah untuk mengatasi gangguan kerusakan yang menyebabkan AC tidak dingin atau kurang dingin, tapi disini saya akan menjelaskan penyebab atau masalah yang menjadikan alat pendingin ruangan tidak berfungsi dengan baik bagi sobat yang belum mengerti tentang cara kerja AC atau baru belajar cara perbaikinya.

Berikut ini langkah untuk mengetahui penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin.
  1. Cek pada remote AC. Apakah settingan sudah benar ? Mungkin bisa saja karena settingan berubah ke mode fan karena kepencet saat tidur atau karena dibuat mainan anak-anak.
  2. Karena kotor. Lihat bagian cassing AC Indoor dan buka pada saringan apakah kondisi sudah kotor, sudah lama belum di cuci ( cleaning ) ? Penyebab kurang dingin salah satunya adalah kotor baik pada saringan, sirip pipa evaporator maupun kipas blower. Untuk mengetahuinya bisa juga dengan merasakan hembusan angin, bila tidak terasa hembusan angin di blower indoor kemungkinan kondisi Ac kotor.
  3. Blower kipas macet. Kerusakan pada motor blower kipas macet bisa sobat cek terlebih dahulu dengan mengerakkan blower secara manual apakah karena sudah lama tidak di pakai berkarat atau ada kotoran nyangkut yang bikin tidak berputar. Bila kondisi motor kipas blower lancar tapi kalau dihidupkan tidak mau berputar dan hanya bergetar halus, kemungkinan kerusakan disebabkan karena capasitor mati atau rusak ( ganti baru ).
  4. Cek pada out door. Apakah kondisi sirip pipa kondensor tertutup debu atau kotoran lainnya ? Sirip pipa kondensor yang tertutup debu menyebabkan panas dari pipa tidak bisa terbuang sempurna menjalar ke pipa evaporator di Indoor dan mesin compressor akan terjadi panas berlebih hingga overload memutus arus listrik ke mesin compressor. Cek motor kipas blower outdoor apakah putaran kencang atau tidak.
  5. Cek gas freon ( refrigrant ) dengan selang dan manifolt untuk mengetahui isinya yang berkurang, bila habis atau berkurang terlalu cepat berarti ada kebocoran gas dari pipa atau baut nepel pecah / kendor dan bisa uga karena pentil pengisian bocor.

Demikian cara mudah mengetahui penyebab utama AC tidak atau kurang dingin, bila langkah tersebut masih tidak teratasi kemungkinan kerusakan dari sistem pipa gas tertekuk buntu, penumpukan oli dipipa atau kompresi pada motor compressor berkurang, akan tetapi bila kondisi belum dingin motor kipas outdoor beserta mesin compressor sudah mati kemungkinan penyebabnya ada di thermistor ( sensor suhu ) rusak atau modul pcb rusak.

Postingan terkait: