CARA MENGATASI MESIN CUCI TOMBOL START TAK BERFUNGSI | RUSAK

MENEMUKAN TOMBOL LAIN PENGGANTI START PADA MESIN CUCI SAMSUNG


Gimanasih caranya mengatasi kerusakan mesin cuci samsung top loading tombol start tak berfungsi ?

Pada kesempatan kali ini akan saya beritahu caranya mengatasi tombol start yang tak berfungsi secara tiba-tiba.

Mungkin Anda binggung, mengapa tombol start ketika dipencet tidak ada reaksi apapun, padahal terakhir dipakai tidak ada masalah sama sekali.

Mengatasi tombol start mesin cuci tidak berfungsi bisa Anda lakukan untuk sementara waktu dan tidak ada jaminan bahwa cara ini bisa anda lakukan secara terus menerus, sebaiknya melakukan perbaikan atau ganti 1 set modul display mesin cuci.

Cara mengatasi tombol start yang tak berfungsi dan kebetulan saya praktekkan pada produk mesin cuci samsung type WA9074 top loading / pintu atas otomatis.

PERTAMA
Tancapkan stekker mesin cuci ke listrik, tanpa listrik mesin cuci takkan bisa hidup heheheeee

KEDUA
Pencet 3 tombol ON/OFF + TURBO + TOMBOL JENIS KAIN Secara bersamaan.

Maka mesin cuci mulai melakukan 3 putaran awal untuk meratakan cucian dan selanjutnya pada selenoid water inlet ( selenoid valve ) membuka dan air mulai masuk ke tabung cucian sebagai awal langkah proses mencuci, membilas dan mengeringkan.

KETIGA
Lakukan langkah terakhir dengan cara tekan tombol ON / OFF ketika mesin cuci sudah selesai dan terdengar suara nyanyian.

Mengapa harus menekan tombol ON / OFF ?
Dengan melakukan cara ini, ketika mesin cuci telah selesai akan melakukan proses pencucian kembali bila tidak dihentikan.

Gimana caranya menggunakan proses pengeringan langsung tanpa menggunakan tombol start ?

Mudah saja bila tombol start tak berfungsi masih bisa melakukan proses mengeringkan ( spin ) secara langsung tanpa mencuci.

Cara melakukan proses pengeringan tanpa tombol start.
Hidupkan mesin cuci dengan tekan tombol ON / OFF lalu lakukan cara seperti diatas, ketika mesin cuci mulai bekerja, hentikan dengan cara pencet tombol on / off secara langsung.

Tekan tombol ON / OFF dan tombol pengatur jenis kain, mesin cuci langsung memberikan respon untuk mengeringkan, tapi air tetap kondisi masuk ketabung. Untuk itu Anda harus mematikan air masuk dengan cara menutup kran air secara manual.

Mudah bukan, cara mengatasi tombol start pada mesin cuci tak berfungsi / rusak.

Untuk memperbaikinya dengan cara jemper switch dengan j12 yang bisa Anda temukan tulisannya di pcb modul mesin cuci samsung, akan tetapi bisa juga kerusakan akibat tombol switch bermasalah / rusak.

Untuk memperbaiki masalah pembuangan air ( drain error ) bisa Anda lihat pada postingan berikut :

CARA MEMPERBAIKI MASALAH PEMBUANGAN AIR PADA MESIN CUCI ( DRAIN ERROR )

Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah pada bagian tombol start mesin cuci.

Postingan terkait: