SOLUSI DALAM MENGATASI GANGGUAN ALAT PENDINGIN BUNTU MAMPET PADA GAS FREON ( REFRIGRANT )
Penyebab buntu / mampet gas freon ( refrigrant )
Hal yang menjadi penyebab terjadinya kebuntuan | mampet pada sistem jalur gas freon ( refrigrant ) alat pendingin refrigerator adalah :
Oli compresor terlalu banyak ikut sirkulasi, terjebak di evaporator atau bila masuk ke filter apalagi ke pipa kapiler akan menyebabkan kebuntuan.
Buntu karena air, hal ini biasa terjadi bila sebelumnya pernah mengalami kebocoran pada evaporator. Cara perbaiki kurang bersih dari air yang masuk kepipa kebocoran.
Vakum kurang maksimal. Pada saat sebelum proses pengisian gas refrigerator, udara yang masih tersisa akan berubah menjadi air dan bila masuk di evaporator akan membeku dan menghalangi sirkulasi gas freon.
Ciri dan tanda kerusakan gas freon refrigerator buntu / mampet
Kurang dingin / tidak dingin
Compressor hidup, suara lebih halus seperti proses vakum.
Pada kondensor bila dipegang tidak panas.
Cara memperbaiki kebuntuan / mampet pada pipa kapiler
Coba panaskan pada ujung kapiler yang menghubungkan ke evaporator, hal ini biasa terjadi karena udara atau air yang masuk ke pipa kapiler akan berubah menjadi es ( membeku )
Potong pipa kondensor dan pipa kapiler yang terhubung ke filter, hidupkan compressor dan ujung kapiler di celupkan ke cairan methil. Tujuannya untuk membersihkan jalur kapiler yang kotor dan menyempit.Bila cara ini tidak berhasil, ganti dengan filter dan pipa kapiler dengan yang baru.
Cara perbaiki kebuntuan / mampet pada gas freon ( refrigerator ) di evaporator
Penyebab buntu pada evaporator karena oli / air bisa saja terjadi, hal ini di sebabkan
Oli compressor naik dan terjebak di evaporator
Air sisa kebocoran evaporatorTanda ciri kerusakan
Pada saat pertama compressor dihidupkan ada suara gemricik di evaporatorCara perbaiki evaporator yang buntu karena air ataupun oli harus dengan cara flessing sistem, yaitu :
1. Ujung pipa kapiler potong dan sambung dengan pipa pengisian.
2. Pada pipa pengisian berikan cairan methil atau bisa juga mengunakan thinner lalu beri tekanan menggunakan nitrogen atau R22 atau R32 lalu buka tutup ujung pipa balik ke compressor ( pipa suction ) dengan cara ber ulang ulang sampai oli ataupun air hilang.
3. Flussing tanpa cairan pembersih sampai yang keluar berupa uap.
Semoga bermanfaat, salam sukses....