3 CARA SETTING THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE

SETEL ULANG THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE BARU ATAU BEKAS

Thermostat adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengatur suhu agar selalu tetap setabil sesuai yang di harapkan. Thermostat banyak yang digunakan ke sebuah lemari pendingin seperti kulkas, freezer, dan showcase.

Fungsi dari thermostat sendiri sangat penting untuk lemari pendingin, karena berperan sebagai saklar automatic untuk menyambung dan memutus arus listrik ( on / off ) mesin compresor sesuai suhu yang ditetapkan.

Termostat berasal dari kata Yunani termos “panas” dan statos “berdiri”. Termostat bekerja dengan cara beralih dari pemanasan atau pendingin suatu alat atau mengatur aliran perpindahan panas fluida yang diperlukan, untuk menjaga suhu yang benar.

CARA MENYETING THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE
Menyetel thermostat selain memutar pada setelan thermostat masih ada lagi setelan yang khusus untuk teknisi menambah setelan suhu, hal ini biasanya dilakukan pada saat pergantian thermostat baru.

Mengapa demikian.......?
Pada pengantian thermostat baru biasanya kita mendapatkan thermostat yang tidak sesuai dengan suhu yang sesungguhnya, yaitu suhu dimana pada suatu pendingin dibutuhkan suhu dibawah 0°.
Penyetelan ulang pada thermostat ini berguna untuk menyetel putaran suhu agar sesuai dengan apa yang diharapkan


Pada gambar diatas adalah contoh thermostat pada lemari pendingin.
Untuk mengetahui gimana cara menyetelan thermostat pada lemari pendingin sebagai berikut,

1. Menyetel Thermostat kurang dingin / tidak dingin
Menyetel thermostat yg kurang dingin padahal setelan suhu sudah maksimal yaitu dengan cara memutar baut ring suhu berlawanan arah jarum jam. Putarlah baut range blub dengan setengah putaran lalu tunggu hasilnya, kalau masih belum pas, silahkan putar setengah lingkaran kembali arah berlawanan jarum jam.

2. Menyetel Thermostat yang terlalu dingin
Menyetel thermostat yang terlalu dingin hingga bunga es di evaporator terlalu cepat tebal dengan cara kebalikan dengan cara diatas, yaitu dengan cara memutar arah jarum jam setengah lingkaran pada baut range blub suhu. Tunggu hasilnya dahulu, bila belum pas sesuai dengan yang diharapkan yaitu mesin compressor tidak mau mati saat suhu tercapai. Silahkan putar kembali searah jarum jam sebanyak setengah lingkaran.

3. Menyetel Thermostat untuk memperpanjang lama waktu  compressor hidup kembali.
Cara menyetel thermostat agar compresor tidak cepat hidup kembali dengan cara memutar baut diferential yang letaknya di dekat pin soket thermostat. Waktu jeda compresor hidup kembali normalnya sekitar 10 menit sampai 15 menit. Hal ini untuk memberikan waktu agar tekanan gas refrigrant kembali seimbang agar mesin compresor pada saat hidup kerjanya tidak terlalu berat.

Demikian semoga bermanfaat bagi anda yang binggung cara menyetel thermostat kulkas, freezer atau Showcase baru / bekas yang tidak sesuai dengan suhu yang diharapkan.

INGAT.....!!! Penempatan letak pengatur suhu ( thermostat ) yang salah akan mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam penyetelan thermostat.

Selamat mencoba, semoga sukses.

Postingan terkait: