CARA PERBAIKI KULKAS 1 PINTU DENGAN ALAT OBENG

5 CARA CEPAT DAN AKURAT MEMPERBAIKI KULKAS


Service Kulkas Dengan Obeng

Hanya Pakai Obeng
Apa bisa memperbaiki alat pendingin kulkas 1 pintu hanya dengan obeng....?

Disini kami mencoba memberikan solusi bagi sobat yang binggung cara memperbaiki kulkas sendiri karena biaya / dana service kulkas tidak ada, walaupun dengan obeng bisa anda kerjakan dengan trik ini.

Cara kerja kulkas bisa sobat lihat pada tayangan youtube berikut ini :


INGAT......!!! Baca baik-baik dan kalau kurang jelas silahkan Sobat bertanya melalui kolom komentar ya.....karena berhubungan dengan listrik yang bisa membahayakan keselamatan anda.

Sebelum Sobat memperbaiki silahkan buat teh panas kental dan manis biar ngak ngantuk heheheee.

Langkah pertama yang harus Sobat lakukan

  1. Cek seluruh kabel kulkas, apakah ada yang lepas pada sambungan atau putus karena digigit tikus. Bila kabel utuh dan tidak ada yang putus karena digigit tikus lakukan langkah selanjutnya.
  2. Hubungkan kulkas anda dengan listrik sambil dilihat apakah lampu kulkas hidup atau mati. Bila lampu mati bersamaan dengan kulkas anda rusak / rusaknya kulkas bersamaan dengan lampu mati, bisa dipastikan listrik tidak sampai ke kulkas anda. Cek pada aliran listrik, barang kali putus, atau anda bisa coba dengan alat listrik lainnya seperti charger handphone, kipas angin, blender di tempat tersebut. Bila sudah dipastikan listrik baik-baik saja, langkah selanjutnya
  3. Periksa pada compressor kulkas Sobat, apakah ada getaran dan bunyi dari compressor tersebut.
Ingat....!!! Jangan dipegang listriknya, pegang body mesin compressornya aja.

Letak mesin compressor ada di bawah sebelah belakang, bentuknya hampir bulat lumayan besar

Contoh mesin compressor
Seperti ini..tergantung merk

Bila tidak ada getaran maupun bunyi, selanjutnya anda cabut colokan dari sumber aliran listrik.

4. Periksa pada thermostat / pengatur suhu kulkas, biasanya pada kulkas 1 pintu terjadi kerusakan pada thermostat akibat terlalu lama dimatikan atau karena usia penggunaan.

Kerusakan pada pengatur suhu sering di jumpai karena saat mematikan kulkas dalam jangka waktu lama, kondisi ruang pendinginan masih dingin dan lembab membuat thermostat berkarat

Thermostat rusak berkarat


Silahkan copot cassing penutup thermostat, dengan cara buka baut-baut pengancing. Hati-hati dalam membuka, karena bahan ini terbuat dari plastik yang mudah pecah. Kurang lebih isinya seperti gambar diatas.

Sesudah anda membuka cassing penutup thermostat, selanjutnya anda lihat pada thermostat terdapat 2 soket kabel, selanjutnya lepas dan sambungkan kabel dari kedua soket thermostat secara langsung, dan sementara isolasi pada sambungan agar tidak lepas atau mengenai body kulkas.

Langkah selanjutnya adalah hubungkan kembali ke arus listrik, bila compressor terdengar bunyi dan pada pipa evaporator dingin ( rak freezer ), berarti kerusakan ada pada thermostat tersebut....beli di toko spertpart kulkas di kota anda.
Bila compressor kulkas tetap tidak nyala segera kembalikan thermostat dan tutup kembali cassingnya. Selanjutnya adalah....

5. Cek pada overload dan PTC relay
Letak overload dan PTC Relay Mesin Compressor
Letak dari overload dan PTC relay menempel disebelah kiri mesin compressor dan tertutup oleh plastik pelindung, silahkan copot pengancing yang terbuat dari logam yang melingkar pada penutup.

Bila sudah di buka maka anda akan melihat kedua benda yang satu overload dan satunya adalah PTC Relay.

Contoh overload mesin compressor
OVERLOAD bekerja bila terjadi kerusakan pada kumparan compressor atau pada PTC Relay, jadi bila pada waktu kulkas dihidupkan dan compressor atau PTC Relay terjadi kerusakan, maka OVERLOAD dalam beberapa detik akan bunyi TIK tanda overload memutuskan arus listrik ke compressor dan bila di pegang akan terasa panas ( ingat....!!! Bila mau pegang overload harus keadaan kulkas tidak menancap ke arus listrik ). Bila ini terjadi, maka overload tidak rusak.

Selanjutnya tinggal cek pada PTC Relay dan Compressor

Kita akan cek dulu salah satu maka kita akan tahu, mana yang rusak.

Untuk mudahnya karena alat pengecekan cuma sebuah obeng, maka kita pilih untuk cek PTC Relay nya aja.
Bila ada multitester pasti akan lebih mudah, tinggal ukur kedua pin yang menancap pada compressor maka kita sudah tahu, bila terhubung berarti PTC Relay keadaan baik, sebaliknya bila tidak terhubung kedua pin, maka PTC Relay keadaan rusak.

Contoh PTC Relay
Kerusakan PTC Relay biasa terjadi karena heater keramik pecah, kocok dan dengarkan apakah ada seperti pecahan didalamnya atau tidak.
Untuk mengetahui PTC Relay rusak atau tidak, maka cabut PTC Relay dari kabel. Hubungkan kabel pada kedua pin compressor, sedangkan pin satunya untuk overload.

Langkah selanjutnya hidupkan kulkas cuma sekitar 5 detik jangan lebih ( ingat....!!! ) sambil dihidupkan lalu dengar ada suara dari compressor atau tidak, bila ada suara jreenngggg berarti PTC Relay rusak ( Ganti baru ).
Bila tidak ada suara maka Compressor kulkas rusak.

Mudah bukan cara memperbaiki kulkas 1 pintu tanpa alat lengkap, hanya sebuah obeng kita sudah bisa cek kerusakan pada kulkas.

Untuk mempermudah dalam memperbaiki semua alat pendingin refrigerator, bisa Anda perlengkap peralatan service seperti postingan ini
11 ALAT KERJA TEKNISI PENDINGIN REFRIGERATOR
Tapi itu hanya perbaikan tentang kelistrikan kulkas 1 pintu, bila kelistrikan kulkas tidak rusak, tapi tidak dingin, berarti ada kebocoran pada gas freon.

Untuk cara memperbaiki kebocoran gas, maka sobat harus menghubungi Bengkel service, karena perbaikannya seperti postingan ini
CARA MEMPERBAIKI KEBOCORAN GAS FREON ( REFRIGRANT ) KULKAS FREEZER
Demikian sedikit berbagi ilmu tentang CARA PERBAIKI KULKAS 1 PINTU DENGAN ALAT SEDERHANA yaitu hanya memakai sebuah obeng.

Untuk mempelajari cara mendeteksi kerusakan pada kulkas 2 pintu bisa Sobat lihat di postingan ini
CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA KULKAS 2 PINTU

Postingan terkait: